11 Mei 2011

Intel Memperkenalkan Prosesor 22nm 3D Ivy Bridge

Bookmark and Share
0 comments
Intel Ivy Bridge
Intel telah meluncurkan generasi terbaru teknologi mikroprosesor, dengan nama Ivy Bridge. Chip tersebut akan menjadi yang pertama untuk yang menggunakan proses manufaktur 22 nanometer, dengan kemasan transistor lebih padat dari pada sistem 32nm yang ada saat ini.

Intel mengatakan akan menggunakan Tri-Gate "3D" transistor baru, yang memiliki daya yang lebih kecil. Pengumuman ini menandai langkah maju yang signifikan di industri prosesor komersial yang terus berusaha untuk membangun lebih banyak transistor pada chip silikon.

Salah satu langkah utama kemajuannya adalah panjang dari "gate" transistor, diukur dalam nanometer (1nm = 1000000000 meter).

Sebuah rambut manusia sekitar 60.000 nm lebar. teknologi microchip saat ini terbaik memiliki gerbang 32nm.

Telah dikenal lama bahwa teknologi 22nm akan membentuk tahap berikutnya dalam evolusi mikroprosesor.

Namun, sifat yang tepat dari penawaran Intel telah menjadi rahasia yang dijaga ketat, sampai sekarang.

Perusahaan mengharapkan untuk memulai produksi komersial akhir tahun ini.

Kaizad Mistry, manajer program 22nm Intel, mengatakan bahwa kedatangan transistor Tri-Gate akan membuat perbedaan besar untuk produk konsumen.

"Apa yang memungkinkan di pasar adalah meningkatkan efisiensi power - kinerja jadi lebih baik untuk masa pakai baterai yang sama atau umur baterai yang lebih lama untuk kinerja yang sama," kata Mr Mistry.

Dalam desain mikroprosesor, saluran melakukan melewati gerbang switching yang membuka atau menutup - mengubah output dari 0 ke 1.

Sampai saat ini, saluran-saluran telah "planar" atau flat pada wafer silikon.

Tri-Gate sistem Intel menggantikan saluran dengan 3D "fins". Mr Mistry menjelaskan bahwa luas permukaan ekstra membuat mereka lebih konduktif, dan mampu bekerja lebih baik pada daya yang lebih rendah.

Industri Semikonduktor analis Dan Hutcheson dari penelitian VLSI mengatakan kepada BBC News bahwa proses baru akan mengamankan dominasi pasar Intel.

"Ini membuat mereka dalam posisi yang sangat kuat," katanya.

Mr Hutcheson menambahkan bahwa inovasi dalam arsitektur 3D tidak hanya menguntungkan prosesor desktop Intel, tetapi itu memproduksi chip untuk perangkat mobile.

"Ini akan membuat mereka banyak garis Atom lebih kompetitif dengan ARM."

Berbasis di Inggris ARM Holdings adalah desainer terkemuka dari prosesor mobile bertenaga rendah.

Ian Drew, juru bicara ARM, mengatakan tidak terkejut dengan pengumuman tersebut namun menambahkan: "Perbaikan proses teknologi untuk chip sedang berlangsung Ini bukan hanya dari Intel, tetapi di seluruh industri"

ARM telah menghasilkan chip uji menggunakan fitur 22nm dan telah menandatangani kesepakatan dengan IBM untuk pergi ke 14nm.

Comments

0 comments to "Intel Memperkenalkan Prosesor 22nm 3D Ivy Bridge"

Posting Komentar

Silahkan berkomentar untuk mendapat backlink gratis dari BLOG DOFOLLOW ini. No Spam!
Terima Kasih

 

Copyright © 2011 Info Terbaru | Powered by Blogger